IVA Test

Pengertian Tes IVA

Tes IVA adalah salah satu acara pemeriksaan awal untuk mendeteksi apakah seseorang terkena kanker serviks/kanker mulut rahim. Test IVA atau (inspeksi visual asam asetat) adalah pemeriksaan leher rahim yang juga bisa digunakan sebagai pendeteksi pertama. tes IVA cenderung lebih murah dibandingkan PAP SMEAR karena pemeriksaan dan hasil diolah langsung, tanpa harus menunggu hasil laboratorium. tes IVA menggunakan asam asetat atau asam cuka dengan kadar 3-5 persen, yang kemudian diusapkan pada leher rahim. Setelah itu, hasilnya akan langsung ketahuan, apakah Anda dicurigai memiliki kanker serviks atau tidak.

Kapan sebaiknya melakukan Tes IVA ??

Tes IVA bisa dilakukan kapan saja di puskesmas terdekat, biaya terjangkau namun apabila sedang ada program bisa saja pemeriksaan IVA menjadi Gratis. Tes IVA sebaiknya rutin dilakukan satu tahun sekali setelah menikah.

Untuk itu, Bidan Desa memberikan Tugas kepada Para Kader PKK Desa Sukamanah agar saat pelaksanaan posyandu memberikan himbauan kepada para ibu-ibu untuk melakukan test IVA. Demi kesadaran kesehatan dan pencegahan kanker servik.

Susunan Pengurus IVA Test Desa Bona

kepala-Desa-Bona

PENANGGUNG JAWAB

PERBEKEL DESA BONA

ketua-lpm-desa-bona-285x300

WAKIL PENANGGUNG JAWAB

KETUA LPM DESA BONA

bona2

KETUA

NI LUH ARNELI

Screen Shot 2019-11-04 at 12.30.57

WAKIL KETUA

NENGAH JUNIARTI

bona1

SEKRETARIS

NI GUSTI AYU ARIANI

Screen Shot 2019-11-04 at 12.35.10

BENDAHARA

NI KETUT SRIUNI

bona10

ANGGOTA

NI PUTU DEWI JULIASTINI

bona3

ANGGOTA

PANDE PUTU SRI EKASARI

Gallery Kegiatan