Hatinya PKK

Pengertian Hatinya PKK

Hatinya PKK merupakan suatu gerakan masyarakat implementasinya dengan memanfaatkan halaman di sekitar rumah dengan tanaman pangan dan tanaman produktif/ keras ( bernilai ekonomis tinggi ), minimal untuk memenuhi keperluan dan tabungan keluarga serta meningkatkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA), tanaman hias yang berfungsi untuk keindahan dan kenyamanan rumah.

Hatinya PKK dapat terwujud melalui sarana Gotong Royong seluruh keluarga dengan mengoptimalkan  Tanaman Pangan yang produktif  yang nantinya dapat Bernilai Ekonomi Tinggi serta dapat juga digunakan Sebagai Tabungan.

PENGERTIAN PEKARANGAN

  • Pekarangan adalah sebidang tanah di sekitar rumah yang mudah diusahakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemenuhan gizi melalui perbaikan menu keluarga. Pekarangan sering juga disebut sebagai Lumbung Hidup, Warung Hidup atau Apotik Hidup.
  • Pemanfaatan Pekarangan adalah pekarangan yang dikelola melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman, ternak, dan ikan. Sehingga akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beranekaragaman secara terus menerus, guna pemenuhan gizi keluarga yang dapat Berupa :
  • Lumbung Hidup, yaitu pekarangan ditanami dengan tanaman yang mengandung karbohidrat (Umbi- umbian, jagung, dll.) secara segar.
  • Warung Hidup, sebagian dari lahan pekarangan dapat ditanami sayur – sayuran dan buah – buahan yang dapat kita manfaatkan setiap hari.
  • Apotek Hidup, sebagian pekarangan dapat ditanami tanaman toga yang sewaktu – waktu dapat diperlukan sebagai pertolongan pertama apabila sakit.
  • Peternakan, sebagian halaman dimanfaatkan untuk beternak kelinci, unggas.
  • Perikanan, sebagian halaman dimanfaatkan untuk budidaya ikan (lele, gurami, nila, belut, dll).
  • Tabungan, sebagian halaman ditanami dengan tanaman bernilai ekonomi tinggi seperti kayu jati, kelapa, sengon,dll.

Peran TP. PKK

Ada pun Peran Pengurus PKK terutama kelompok dasawisma sangat penting dalam mewujudkan  Hatinya PKK seperti:

1.mengadakan penyuluhan dalam kegiatan dan pertemuan PKK, baik dari tingkat Kecamatan/ Desa/ Kelompok dalam upaya peningkatan rumah kurang sehat menjadi rumah sehat.

2.Mengadakan pendataan rumah sehat dan kurang sehat.

3.Meningkatkan pemanfaatan lahan pekarangan kepada warga masyarakat sehingga tercipta HATINYA PKK dalam peningkatan Rumah sehat.

Sumber : http://pkkbuntulia.blogspot.com/2016/05/pkk-adalah.html

Struktur Hatinya PKK

KETUA

I GUSTI AYU AMBARA DEWI

WAKIL

NI MADE LILIK YULIANI

BENDAHARA

NI LUH SUCITRAWATI

Screen Shot 2019-11-04 at 08.59.15

ANGGOTA

I GUSTI AYU KENCANA DEWI

ANGGOTA

DEWA AYU SRI PUSPITA DEWI

ANGGOTA

NI NYOMAN SUTAMI